Jumat, 03 Oktober 2014

PEMERINTAH MINTA MASYARAKAT MENGGALAKKAN USAHA KETAHANAN PANGAN



BAGANSIAPIAPI - Upaya pemerintah untuk mengembangkan Rumah Pangan Lestari tidak hanya sebatas memberikan pembinaan bagi kelompok tani yang ada di kepenghuluan Jaya Mukti dan Pematang Sikek kecamatan Rimba Melintang. Namun pemerintah juga akan memberdayakan kelompok tani yang berminat untuk mengembangkan usahanya baik dibidang peternakan maupun pertanian diseluruh wilayah Rokan Hilir. 

Seperti yang dikatakan kepala Badan Ketahanan Pangan, Surya Arpan, M.Si, pemerintah akan meninjau pelaku usaha yang mempunyai hasrat untuk mengembangkan ketahanan pangan melalui usaha yang digelutinya baik yang bergerak dibidang perikanan tambak maupun pertanian dengan cara menyalurkan bantuan kepada mereka. 

" Pada dasarnya pemerintah akan memberikan bantuan setelah usaha yang mereka geluti sudah mulai tampak berkembang. JIka kita bantu dari nol, khawatir mereka tidak akan sungguh sungguh untuk menjalaninya," kata Surya Arpan kepada Posmetro Rohil, selasa (15/4) diruang kerjanya. 

Untuk memaksimalkan penyaluran bantuan itu, kata Surya, Badan Ketahanan Pangan akan senantiasa berkoordinasi dengan Dinas pertanian, Dinas Perikanan serta instansi terkait. Hal itu sesuai dengan jenis bantuan yang akan diterima masyarakat melalui kelompok yang mereka bentuk. Tidak tertutup kemungkinan, BKP juga akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk memberikan 

bantuan bibit kepada pihak sekolah agar seluruh siswa mampu bercocok tanam menggunakan polibeck. " Minimal para siswa bisa bercocok tanam cabe, terung, sayur sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan sekolah," ungkap Surya Arpan yang saat ini membuat kebun percontohan disamping kantor Badan Ketahanan Pangan. ( PR 12 ) 


Kebun Percontohan Samping Kantor BKP

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi