Jumat, 03 Oktober 2014

DEWAN KECAM PEMBABATAN HUTAN MANGROOVE MEMBABI BUTA



BAGANSIAPIAPI - Anggota DPRD Rokan Hilir, Musarowadi meminta kepada masyarakat agar jangan menebang hutan mangroove yang berada dibibir pantai. Menurutnya, hutan mangroove merupakan aset yang sangat penting untuk menahan intrusi air laut. 

" Hutan mangrove merupakan asset yang sangat penting bagi masyarakat, baik yang memiliki profesi sebagai petani maupun nelayan. Hutan mangrove juga menjadi tempat menangkap berbagai kerang-kerangan dan udang," kata Musarowadi disela kesibukannya bersama tim pansus pemilihan Wabup kemarin

Dikatakannya, hutan mangroove telah banyak dikonversi menjadi areal perkebunan dan pertambakan. Padahal, pemerintah sudah melarang melakukan aktifitas pembukaan lahan yang berada dipinggiran hutan mangroove. " Paling jauh harus berkisar 500 meter," ungkap politisi PDI Perjuangan itu. 

Akibatnya, dengan pembabatan hutan mangrove akanb mengakibatkan peran hutan sebagai benteng alami tidak lagi dapat menahan masuknya air laut. Musarowadi mengharapkan, pemerintah harus memperhatikan pembabatan hutan mangroove karena akan mengakibatkan pendapatan nelayan menjadi menurun karena hasil ikan semakin lama semakin sedikit.

Persoalan pembabatan hutan mangrove karena adanya laporan warga kecamatan pasir limau kapas, Aminuddin yang mengatakan ada seorang oknum berinisial A telah membabat hutan mangroove di dusun siandam jaya kepenghuluan pasir limau kapas. Luas lahan yang sudah ditanami diatas hutan mangroove itu sudah mencapai puluhan hektar yang sudah ditanami sawit. Yang lebih tragis, kata Aminuddin, diatas lahan tersebut, terpancang plank Koperasi Primer Badan Peradilan Militer yang beralamat di Medan, Sumatera Utara padahal wilayah itu merupakan wilayah kabupaten Rokan Hilir.


Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi