Kamis, 02 Oktober 2014

BELUM PUNYA PASAR TERNAK, CEK HEWAN KURBAN AKAN DILAKUKAN SECARA ACAK




BAGANSIAPIAPI - Sejak kabid bidang peternakan, Amin, S.Pi mutasi ke dinas perikanan, otomatis posisi itu hingga saat ini masih lowong. Padahal, menjelang perayaan Idul Adha, sudah menanti tugas rutin yakni pemeriksaan hewan kurban yang tersebar diseluruh kecamatan. Menurut penjual hewan kurban, Sutikno, jumlah pemesan tahun ini mengalami peningkatan dari tahun kemarin.

Melihat kenyataan itu, anggota DPRD dari Partai Kebangkitan Bangsa, Habib Noor kepada Goriau.com meminta agar dinas pertanian tanggap dengan permintaan hewan kurban oleh masyarakat dengan menugaskan tenaga pemeriksa kesehatan hewan kurban. 

" Kita khawatir, hewan kurban yang dibeli oleh masyarakat tidak sesuai dengan harapan. Kita berhak memastikan apakah memenuhi syarat untuk kurban," kata Habib. 

Habib mengatakan, masyarakat harus teliti dalam membeli hewan kurban sesuai dengan yang disyariatkan dalam ajaran agama Islam. Demikian juga dinas peternakan juga harus memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa daging kurban yang mereka dapatkan adalah daging yang aman, sehat, utuh dan halal. Selain itu, pemeriksaan juga berguna untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bagaimana cara menyembelih serta memperlakukan hewan dan daging kurban.

Terpisah, Kadis pertanian dan peternakan, Ir Muslim mengungkapkan, sebelum pelaksanaan perayaan Idul Adha, dia akan menugaskan 9 dokter hewan yang tersebar disetiap kecamatan untuk memeriksa kesehatan hewan yang akan dikurbankan. " Memang Amin sudah dimutasikan. Namun kita antisipasi dengan memberdayakan 9 dokter kita yang ada ditiap kecamatan," kata Muslim. 

Dikatakannya, pemeriksaan hewan kurban akan dilakukan sehari dan sesudah perayaaan Idul Adha. Itupun hanya beberapa hewan yang dicurigai mengidap penyakit tertentu. Karena menurut Muslim, Rokan Hilir belum mempunyai tempat khusus pasar hewan ternak sehingga menyulitkan untuk melakukan pemeriksaan secara serentak. " Kemungkian akan dilakukan secara acak dengan melihat kondisi fisik hewan kurban yang ada," kata Muslim

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi