Jumat, 03 Oktober 2014

DIREKTUR RSUD BAGANSIAPIAPI BUKAN BERLATAR BELAKANG DOKTER



BAGANSIAPIAPI - Jabatan direktur Rumah sakit Umum daerah Bagansiapiapi masih terjadi polemik. Padahal, menurut Peraturan Menteri kesehatan ( Permenkes ) Nomor 971 Tahun 2009 tentang kompentensi direktur rumah sakit menyebutkan bahwa direktur RSUD harus berlatar belakang pendidikan kedokteran. 

Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Rokan Hilir, dr H.M Junaidi Saleh, kepada Jurnal Asia mengungkapkan, memang pada dasarnya sesuai dengan peraturan menteri kesehatan jabatan direktur rumah sakit harus berlatar belakang dokter. 

Dia mencontohkan ketika menteri kesehatan diundang untuk meresmikan RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Saat itu direkturnya bukan berlatar belakang dokter. Akibatnya, menteri membatalkan niatnya untuk datang meresmikan rumah sakit tersebut. Kemudian pemerintah meresponnya dan menempatkan dr Anwar Bet untuk menjabat Direktur yang baru. 

Begitu juga halnya dengan direktur RSUD Tangkerang selatan yang dijabat Neng Ulfa. Sejak dikeluarkannnya permenkes tersebut, terhitung pada 2 oktober lalu, dia dicopot dari jabatannya sebagai direktur RSUD Tangsel karena dirinya tidak berlatar belakang sebagai dokter. 

Junaidi menambahkan, dirinya tidak mengetahui secara pasti alasan pengangkatan sdr nina Elvita, SKM sebagai Direktur RSUD. " Untuk mengetahui persoalan itu lebih baik tanyakan saja dengan BKD," saran nya. Namun kadis kesehatan ini tidak menafikan, jika direktur RSUD tidak berlatar belakang dokter, akan menyulitkan akreditasi serta bantuan dari APBN. 

Sementara itu, Direktur RSUD, Nina Elvita, SKM kepada Jurnal Asia mengatakan, jabatan yang diembannya merupakan hak kepala daerah. Menurutnya, Rumah sakit Umum daerah adalah milik pemerintah kabupaten dan pejabat yang ditunjuk hanya menjalankan amanah

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi