Kamis, 02 Oktober 2014

JEMAAH HAJI ROKAN HILIR TERTUA BERUMUR 91 TAHUN



BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir, Suyatno,A.Mp secara resmi membuka acara pembekalan manasik jemaah calon haji kabupaten Rokan Hilir tahun 2014 dimesjid Al Ikhlas, Bagansiapiapi rabu (20/8). 

Ketua panitia pembekalan manasik jemaah haji, Hasbullah menyampaikan, jemaah calon haji kabupaten Rokan Hilir tahun 2014 adalah sebanyak 119 jemaah dengan rincian 62 orang jemaah wanita dan 57 orang jemaah pria. 

Sementara itu, berdasarkan umur, jemaah yang paling tua berumur 91 tahun bernama sanroji dan paling muda berumur 30 tahun bernama Murni. Nanti, kata Hasbullah, jemaah haji Rohil bersama jemaah dari Meranti, Pekanbaru dan kampar akan bergabung pada kloter X yang dipimpin Efendi yang berasal dari Meranti. 

Dikatakannya, tanggal 8 september seluruh jemaah Rokan Hilir akan berangkat ke Pekanbaru dan selanjutnya tanggal 9 september berangkat menuju embarkasi batam dan terakhir tanggal 10 september dari Batam berangkat menuju Mekkah Al Mukkaramah. 

Menurut keterangan Hasbullah, pelaksanaan manasik haji dibebankan melalui dana BPIH ( Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji ) yang berasal dari pemerintah kabupaten. Panitia hanya memungut biaya sebesar Rp 200 ribu untuk kebutuhan pokok jemaah selain souvenir, kain ihram dan mukena. 

" Tahun depan kita janji tidak akan memungut lagi karena seluruh biaya akan ditanggung oleh pemerintah," ucap Hasbullah yang dihadiri Direktur Bank Riau, Ketua Mesjid Al Ikhlas, Direktur Bank Muamallat, ketua Kloter X dan ketua BPIH ustadz Dr H Fahri dari Kanwil Propinsi Riau serta seluruh kepala dinas.

Dia mencontohkan, kabupaten lain masih ada membebankan transportasi kepada jemaah untuk keberangkatan sampai kebatam hingga mencapai Rp 5 juta. Untuk itu, dia meminta jemaah harus berterima kasih kepada pemerintah karena seluruh biaya ditanggung oleh mereka. 

Sementara itu, Bupati Rokan Hilir Suyatno A.Mp dalam sambutannya meminta kepada ketua kloter X agar membimbing jemaah yang belum mengetahui bagaimana kondisi disana. " Jagalah stamina dan hilangkan kebiasaan merokok. Kemudian jangan sampai buat acara syukuran sehari sebelum berangkat. Karena khawatir jemaah akan capek mengurus rumah dan tamu yang datang," saran Suyatno.


Dia juga menyarankan agar uang yang dikutip panitia sebesar Rp 200 ribu dikembalikan lagi kepada jemaah. Karena tahun ini, pemerintah berupaya membantu jemaah agar tidak terbebani dengan biaya yang ada dan kedepannya semua keperluan jemaah haji Rohil bisa gratis.

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi