Jumat, 03 Oktober 2014

BPKP BERIKAN BIMTEK UNTUK INVENTARISASI ASET



BAGANSIAPIAPI - Inventarisasi aset untuk mendapatkan penilaian opini wajar tanpa pengecualian ( WTP )  sudah menjadi komitmen pemerintah kabupaten Rokan HIlir. Karena nilai terbesar dalam neraca laporan keuangan pemerintah adalah aset. Kalau asetnya tidak jelas, auditor manapun tidak akan berani memberikan WTP. 

Untuk mewujudkan hal itu, pemkab bekerjasama dengan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Propinsi Riau ( BPKP ) melaksanakan bimtek pengelolaan barang milik daerah dilingkungan pemkab rohil dan penandatanganan nota kesepahaman antara pemkab Rohil dengan perwakilan badan pengawas keuangan 


dan pembangunan provinsi Riau tentang pengembangan manajemen pemerintah daerah bertempat di Grand Hotel pada hari rabu (18/6), di Bagansiapiapi. Bimtek yang diikuti seluruh bendahara SKPD, UPTD dan Kantor kecamatan, menghadirkan narasumber ketua BPKP Riau, Panijo, Assiten II Pemkab Rohil, Dahniar dan Kabag Perlengkapan, Jasmuddin ARauf. 

Kepala BPKP perwakilan Riau, Panijo usai memberikan Bimtek kepada Jurnal Asia menjelaskan bahwa kabupaten Rokan HIlir belum pernah mendapatkan opini WTP. Padahal, inventarisasi aset merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan prediket tersebut. Untuk itu, BPKP akan menelusuri catatan mengenai aset. 

"  Kita akan melihat bagaimana catatan untuk perlengkapan dengan catatan untuk keuangan seperti apa. Syukur syukur nanti sama," ucap Panijo. 

Nah, jika catatan sama dan ketemu, lanjutnya, maka kita akan inventarisasi aset kelapangan. Dia mengatakan, inventarisasi kelapangan merupakan salah satu bentuk audit investigasi untuk melihat apakah barang dalam catatan memang ada dilapangan. Sebaliknya, kita juga akan antisipasi jika barang ada tapi dalam catatan tidak ada. 

Dalam potret nanti, BPKP juga akan mengambil kebijakan terhadap kerancuan pencatatan itu. Misalnya, dinas pertanian pernah menghibahkan traktor untuk petani. JIka traktor itu dicatat aset padahal sudah dihibahkan, maka kita akan mengambil kebijakan seperti apa. 

" Kita juga akan melihat aturan main seperti apa. Jika belum ada aturan mainnya, maka akan kita dorong untuk membuat aturan main," imbuhnya. 

Dikatakan Panijo, banyaknya aset yang dikuasai oleh mantan SKPD, nanti BPKP akan inventarisir. JIka ada kebijakan pemka bahwa aset tersebut tidak boleh dijual, maka BPKP akan meminta agar seluruh aset harus dikembalikan. JIka memang aset itu bisa dijual, maka kita akan meminta aturan main sistem penjualannya bagaimana. 

Dia juga menegaskan, komitmen pemimpin daerah sangat penting untuk mengelola aset ini. Jika tidak didukung pimpinan, sistem ini juga tidak akan jalan. 

BPKP, kata Panijo, saat ini telah mengembangkan sistem aplikasi pengelolaan aset daerah. Nanti, aplikasi ini akan diberikan kepada Pemda dan petugas akan melatih pegawai pemda dan mengaplikasikan sistem tadi. Dengan aplikasi ini, akan membuat mudah BPKP kedepan nanti dalam melakukan penilaian aset. 

Sementara itu, Asisten II  Bidang Administrasi Pemkab Rohil, Dahniar mengatakan, memang masih banyak aset daerah yang belum tercatat oleh pemerintah. Dia mengemukakan, sekretariat yang 

bertanggung jawab dibagian perlengkapan setda Rohil hanya sekadar merekapitulasi seluruh aset di SKPD. 

Untuk rekonsiliasi, sambungnya, pemerintah akan mengumpulkan aset dengan belanja modal sejak hari ini sampai enam bulan kedepan. " Kita harapkan pada akhir desember nanti, aset dengan catatan belanja modal diharapkan sama," cetusnya. 

Dikatakan Dahniar, jika semuanya sudah terkumpul, selanjutnya pemerintah baru membuat kebijakan apakah aset itu dikumpulkan atau dilelang. Kita juga meminta BPKP untuk mendamping  sistem pencatatan aset dan mekanisme yang harus dijalani. 

" Belanja modal yang paling besar ada di Cipta Karya dan Dinas Pendidikan. Untuk itu pemerintah akan menginventarisirnya," ungkap Dahniar.

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi