Selasa, 17 November 2009

PERANAN KP2KP KANTOR PAJAK ROKAN HILIR


Peranan Penerimaan Pajak untuk membiayai pembangunan Negara semakin hari semakin penting. Bertalian dengan itu Pemerintah dengan berbagai cara berusaha untuk mensukseskan pemungutan pajak sesuai dengan Undang undang perpajakan. Namun untuk memaksimalkan hal tersebut sudah tentu yang menjadi tolok ukur keberhasilan penerimaan pajak adalah pelayanan pajak. Di Rokan Hilir rata rata wajib pajak masih awam tentang cara mengisi SPT dan laporan penghasilannya.

Menurut Jawalmin Silalahi yang baru saja menjabat sebagai kepala Kantor KP2KP Rokan Hilir yang baru pindah dari KPP Dumai bahwa kantor tersebut masih menggunakan sistem manual, jadi data tentang jumlah wajib pajak di Rokan Hilir tersimpan di kantor KPP Dumai yang sudah menggunakan sistem manajemen objek Pajak.

Ia juga menuturkan bahwa PPN yang dibayarkan oleh Wajib pajak kepada pemotong pajak bisa direstitusikan dengan catatan laporan SPT Tahunan dan bulanan harus diisi dengan benar dan rutin.

Sebagaimana diketahui bahwa banyak perusahaan yang berbentuk perseroan komanditer yang berdomisili di Kabupaten Rokan Hilir tidak melaporkan laporan SPT dan laporan bulanan. ” Perusahaan yang tidak memperpanjang usahanya harus melaporkan kekantor pajak dan memberitahukan kepada KP2KP bahwa Perusahaannya sedang pailit” ujar Jawalmin menegaskan. ” selama perusahaan yang bersangkutan tidak melapor dan masih punya NPWP maka perusahaan tersebut tetap dikenakan denda” tambah Jawalmin. ” tapi dengan catatan harus ada pembukuan dan itu mungkin ada pertimbangan petimbangan tertentu yang tidak memberatkan perusahaan tersebut” jelasnya.

Menyadari betapa besarnya peranan pajak, maka pelaksanaan penerimaan pajak bukan semata mata menjadi tugas Direktorat Jendral Pajak, namun menjadi tugas dan kewajiban seluruh warga negara.

Sejalan dengan hal tersebut, sistem yang dipakai dalam pelaksanaan pemungutan pajak di Indonesia adalah sistem self assessment yang menggambarkan sifat kegotong royongan. Untuk mengantisipasi ketidak tahuan cara pengisian didalam SPT Tahunan diberikan buku petunjuk cara pengisian SPT Tahunan dan juga Pihak KP2KP kantor Pajak Rokan Hilir telah memberikan sosialisasi cara pengisian SPT kepada Rekanan dan pelaku usaha di bagansiapiapi baru baru ini . dan sekarang ini KP2KP berencana akan memberikan penyuluhan dan cara pengisian di salah satu Sekolah kejuruan Ekonomi dengan perlengkapan buku yang sudah tersedia di ruang kerjanya untuk dipersiapkan diberikan penyuluhan dan sosialisasi cara pengisian Laporan Pajak.

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi