Selasa, 17 November 2009

PEMBINAAN ORMAS DAN LSM SEROHIL


LSM dan Ormas sebgai agen of change dalam membantu pemerintah sesuai dengan bidangnya masing masing pada waktu kemarin telah dibina oleh Pemda melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Pemerintah Kab Rokan Hilir pada Jumat (23/10).
Adapun pembicara menghadirkan pakar ormas dan LSM dari Pekanbaru dan Jakarta yakni Drs M.Y Tiyas Tinov M.Si dan DR(Kand)Drs Azam Awang Msi. menurut Awang Ormas dan LSM adalah salah satu wadah warga Rakyat masyarakat untuk berekspresi, mengapreasisasikan pikirannya ditengah masyarakat bangsa dan negara.
Dengan wadah ini mereka bebas mengemukakan hati nuraninya melampiaskan uneg uneg serta sadar memperjuangkan hak hak sipilnya dalam rangka pemerintahan yang baik dan benar (good governance). disamping adanya lembaga pengawasan seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Inspektorat Jendral dan Badan Pengawas Daerah maka masih diperlukan pengawasan oleh masyarakat termasuk LSM dan ORMAS.
Menurut beliau lagi sepak terjang LSM dan Ormas sangat mempengaruhi situasi di daerah, terutama dalam bidang politik, ekonomi dan sosial lainnya, bahkan menggeser kedudukan parpol dalam merespon kepentingan masyarakat. Artinya masyarakat lebih ”bersimpati” kepada Ormas dan LSM dibandingkan dengan Parpol.
Pada saat ini LSM Asing yang memberitahukan keberadaannya kepada Pemerintah ada sekitar 150-an, tapi diperkirakan masih banyak yang belum memberitahukan kepada Pemerintah. Kebanyakan dari mereka berkantor di Jakarta.
Penampilan LSM dan Ormas pada era reformasi sekarang sedang naik daun dan diperebutkan banyak pihak. Saat ditanya Riau Sidik tentang peran LSM dewasa ini ia berkomentar bahwa secara khusus LSM berperan sebagai ”agen Pembangunan” bagi masyarakat lokal saat masyarakat melakukan perbandingan dan ”bench mark” dengan reference group yang ada, sehingga masyarakat menjadi tahu dimana posisi mereka berada.
Menurutnya lagi Militer walaupun ia bukan organisasi massa bisa melakukan perubahan karena ia bersenjata. Ormas dan partai politiklah yang tepat. LSM memang hanya beberapa orang yang terlibat. LSM bukan tidak penting, tetapi untuk perubahan aktual, LSM bukan kendaraan untuk perubahan.
Ada beberapa karakteristik LSM antara lain sebagai lembaga yang memberikan kontribusi kepada masyarakat, bekerjasama dengan pemerintah meningkatkan keswadayaan dan kemandirian masyarakat yang dilayani, lembaga yang tidak mencari keuntungan, dana operasionalnya berasal dari organisasi dan masyarakat, semangat perngorbanan dalam membantu masyarakat dan terakhir yakni untuk mencapai tingkat kemandirian yang lebih tinggi dari masyarakat yang dilayani.
Dalam pidato pembukaannya Bupati mengharapkan adanya sisipan materi yang mengedepankan tentang kepemimpinan dan cara memotivasi atau mengajak org untuk berorganisasi. pengalaman bupati tentang kepemimpinan yang diperoleh nya di Malang yang diadakan Unicef beserta buku pedoman nya diharapkan bupati sebagai rujukan untuk membentuk LSM yang bagus seperti yang diperolehnya disana. Menurut beliau kepemimpinan diktator adalah orang yang menyuruh orang dengan paksa tanpa kompromi dan musyawarah. ada beberapa point menurut beliau sangat penting yakni bagaimana mengajak orang dan cara berpidato. buku buku yang dipegang beliau masih dipegangnya sejak ia masih mengajar SPG. Menurut beliau LSM harus bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat bagaimana untuk mengentaskan kemiskinan. "kalau perlu para peserta turun kelapangan untuk mempraktekan ilmunya dikampung kampung yang miskin" harap Bupati. ada beberapa kecamatan yang butuh perhatian oleh Bupati yang tergolong miskin.
Menurut panitia pelaksana setiap kecamatan hanya diundang sebanyak 2 orang dari 13 Kecamatan namun ada beberapa LSM mengirim utusan nya hingga tujuh orang hingga ditotalkan berjumlah 65 orang yang melebihi kapasitas yang telah ditentukan oleh Panitia sehingga ada beberapa LSM yang kecewa karena tidak dilibatkan pada acara Pembianaan ini. (aam )

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi