Selasa, 17 November 2009

MTQ TINGKAT KABUPATEN DIRESMIKAN MENTRI AGAMA


Pelaksanaan Musabaqoh Tillawatil Qur’an (MTQ) ke-XXVIII Tingkat Kabupaten dan Kota se Propinsi Riau tahun ini dilaksanakan di kabupaten Rokan Hilir yang berlokasi di KM 6 Bagansiapiapi. Jadwal pertandingan dilaksanakan selama 8 hari dimulai pada hari minggu (14/10) dengan utusan sebanyak 420 kafilah ditambah official sebanyak 80 orang dari 12 Kabupaten dan kota se Propinsi Riau.

Sebelum peresmian dimulai diadakan pawai taaruf yang dibuka langsung oleh Wakil Gurbernur, Mambang Mit. pada acara pawai tersebut diikuti ratusan peserta terdiri dari barisan kafilah dari 12 Kabupaten dan kota se-Propinsi Riau, marching band utusan 12 kabupaten dan kota, rebana dan mobil hias dari masing masing kabupaten dan kota. sebelumnya wakil gurbenur juga telah melantik dewan hakim di depan rumah kediaman Bupati Rokan Hilir jalan perwira.

Pada acara tersebut Wakil Gurbernur merasa bangga atas utusan yang datang untuk memeriahkan acara pawai tersebut karena mereka menampilkan ciri khas daerah masing masing kabupaten mulai dari hasil bumi sampai dengan kebudayaan dan religinya. Untuk Kab Rokan Hlilir acara pawai taaruf juga dimeriahkan barongsai dan diikuti barisan semua suku bermukim di daerah tersebut yang dikenal dengan kota seribu kubah sehingga itu membuktikan azas kebhinnekaan begitu kental di Kabupaten Rokan Hilir ini.

Pawai taaruf yang dimulai pada pukul 14. 00 wib dan diakhiri pukul 17.30 WIB setelah itu pada malamnya dilanjutkan dengan peresmian MTQ tingkat Kabupaten yang dilakukan oleh Bupati Rokan Hilir, Menteri Agama Kabinet Indonesia Bersatu II, Surya Dharma Ali dan Gurbernur Riau yang bertempat dilokasi pertandingan MTQ di KM 6 Bagansiapiapi. Pada peresminan kali ini disaksikan sekitar lebih kurang 6996 orang masyarakat tempatan dan yang datang dari luar kota Rokan Hilir untuk menyaksikan acara tersebut sehingga diruas jalan menuju ketempat lokasi terjadi kemacetan sepanjang 3 KM.

Pada malam peresmian itu juga dihadiri ketua DPRD Propinsi Riau Johar Firdaus , unsur Muspida, Kandepag, Pejabat Pemkab dan anggota DPRD se Propinsi Riau serta lembaga pengembangan sepropinsi Riau . Dalam pidatonya Bupati Rokan Hilir H.Annas Maamun menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan LPTQ atas kepercayaannya untuk melaksanakan pertandingan MTQ tahun ini di Kab Rokan Hilir. Beliau juga menyinggung tentang visi Riau 2020 untuk membentuk masyarakat yang agamis maka dalam 3 tahun terakhir bangunan yang ada di Rokan Hilir semuanya menggunakan kubah. Bupati juga telah menganggarkan biaya sebesar Rp 5 sampai 6 Milyar untuk setiap mesjid ditiap kecamatan yang sekarang telah terealisasi sebanyak 7 mesjid dan 6 mesjid lagi masih dalam tahap pembangunan. Setelah selesainya acara MTQ, bupati akan mengalihfungsikan tempat tersebut menjadi lokasi Islamic Centre. Disekitar lokasi tersebut juga sudah berdiri musium dan direncanakan sekaligus akan dibuka pasentren. Bagi pedagang kecil bupati telah membuat 56 tenda Arafah diareal MTQ untuk memanfaatkan kesempatan buat pedagang dalam berjualan selama MTQ berlangsung. Stand pameran yang didirikan untuk 12 Kabupaten kota juga tidak ketinggalan diikuti stand dari PT Chevron, PT Waskita Karya, Dekranas Propinsi Riau, PPK Propinsi dan Kabupaten, Koperasi dan ICMI.

Dalam kesempatan itu Gubernur Riau memberikan sambutannya berupa penghargaan tertinggi kepada Kabupaten Rokan Hilir atas kemampuannya melaksanaan MTQ ini sehingga Gubernur menyinggung pernyataan Menteri Agama bahwa perhelatan MTQ di Kab Rokan Hilir hampir sejajar dengan Acara MTQ Tingkat Nasional. Menurut beliau sesuai dengan visi Riau 2020 untuk menjadikan masyarakat yang sejahtera lahir dan batin dengan nuansa agamis sesuai dengan ajaran kitabullah berdasarkan nilai nilai Al Quran maka acara ini salah satu satu indikasi untuk menjadikan kitab Al Quran salah satu bacaan sebagai media motivasi dalam kehidupan. ”Al Quran jangan dijadikan sebagai alat untuk dipertandingkan dan atau dibaca dua bulan sebelum acara pertandingan” ujar Gurbernur. Namun harus dibaca sampai hayat dikandung badan.

Sesuai dengan Visi 2020 yang sudah di Perda kan, Al Quran adalah petunjuk atau tutunan pedoman yang harus dipahami dalam setiap gerak dan perbuatan. Sesuai dengan motto acara ini ” Sukses penyelenggaran dan sukses promosi dan sukses prestasi menjadi acuan dalam penyelenggaraan ini”. Dalam akhir pidatonya Gubernur memaparkan prestasi yang telah diukir para Qori dan Qoriah Propinsi Riau baik dari dalam maupun diluar negeri yakni prestasi di Negara Syiria dan Kuala Lumpur.

Adapun sambutan yang diberikan oleh menteri agama terhadap penyelenggaraan ini yakni memberikan apreasiasi kepada Bupati dalam usaha melaksanakan acara MTQ untuk mengimplementasi Al Quran dimasyarakat dan Apartur Negara terhadap ajaran Islam dalam realita kehidupan demi tercipta akhlatul karimah dalam mencerminkan agama yang baik dan benar. ”Tanggung jawab semua elemen masyarakat atas era globalisasi terhadap pergeseran nilai dan agama menjadi perhatian bersama” Terang Menteri menjelaskan. Beliau juga salut kepada Bupati karena tenda pedagang kecil seperti Padang Arafah dan sebagai pemicu pengembangan usaha Mikro di negeri seribu kubah. Tanpa

Kemudian acara dilanjutkan dengan Pengibaran bendera MTQ untuk 12 Kabupaten dan Kota oleh Mantan Paskibra, Pemukulan Bedug dan menekan tombol sirene oleh Para Pejabat Propinsi Riau, Pesta Kembang Api di Lima Titik areal MTQ, pagelaran tarian yang dipentaskan sebanyak 450 Peserta dari Pegawai lingkungan dinas Pemkab Rohil, dan Peresmian Stand Pameran oleh Mentri Agama Surya Dharma Ali. ( Amrial)

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi