Jumat, 03 Oktober 2014

PERENCANAAN PROYEK TAHUN 2014 JANGAN HANYA COPY PASTE



BAGANSIAPIAPI - Perencanaan pembangunan proyek yang ada dikabupaten Rokan HIlir harus melalui study kelayakan ( FS ) dan tidak hanya sekadar copy paste dari proyek lainnya. " Perencanaan proyek yang tidak maksimal akan berpengaruh terhadap kualitas proyek," kata Ketua Asosiasi Kontraktor Nasional, Amrial,A,Md kepada Haluan Riau, senin (9/6). 

Amrial menilai, keluhan Mantan Bupati Rokan Hilir, H. Annas Maamun pada proyek pembangunan sekolah pada tahun anggaran 2013 kemarin, harus disikapi oleh para konsultan untuk melakukan perencanaan yang matang pada proyek tahun 2014. " Jangan hanya bisa menjiplak. Struktur tanah di Ujung Tanjung berbeda dengan tanah yang ada disinaboi. Akal bulus ini harus segera dihilangkan," cetusnya. 

Menurut Amrial, perencanaan pembangunan proyek yang tidak maksimal akan berpengaruh terhadap kualitas proyek. Misalnya tidak bertahan lama, jauh dari batas waktu yang diharapkan. “Perencanaan ini sangat penting apakah proyek ini layak atau tidak. Contoh gedung. baru saja dibangun sudah mulai retak. Padahal ketahanan bangunan seharusnya 10 tahun,” ujarnya.

Dia menjelaskan, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan proyek di antaranya  struktur tanah labil atau tidak, biaya, manfaatnya, serta waktu pengerjaan proyek. “Saya kira ini cukup penting sehingga kontraktor dan pemberi pekerjaan tidak ada yang dirugikan,” tuturnya.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya dalam perencanaan pembangunan proyek adalah soal lahan. Bermasalah atau tidak. Sebab, beberapa tahun terakhir ada proyek sudah berjalan tapi terhambat lahan. “ Misalnya lahan di rantau kopar pada pembangunan rumah restlement tahun kemarin. Itu harus disikapi karena dalam rencana anggaran biaya tidak ada dicantumkan anggaran pembebasan lahan," katanya. 

Untuk itu, pengusaha yang tergabung dalam ASKONAS sangat mengharamkan apabila ada perencanaan proyek sekadar copy paste dari perencanaan proyek lain. Bisa saja bangunan konstruksinya sama. Tetapi, struktur tanahnya berbeda. Jadi perlakuan terhadap pondasi proyek pasti berbeda. Jangan samakan pondasi tanah yang labil dan tidak. " Jadi saya mengharapkan ikatan konsultan harus menyikapi hal ini," tandasnya. 

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi