Senin, 30 Agustus 2010

KEPENGHULUAN BAGAN JAWA GELAR PERMAINAN RAKYAT



” Dalam Rangka Menyambut HUT RI Ke 65 ”


Bagansiapiapi ( Rohil )

Sudah puluhan anak mencoba meraih amplop yang bergantungan diatas batang pinang ditengah sungai yang mengalir membelah diperkampungan padat di perumahan penduduk pada hari minggu yang lalu di sore hari didekat mesjid jamik kepenghuluan Bagan Jawa. Sorakan penonton menyemangati peserta yang terdiri dari anak anak yang berusia dibawah 15 tahun dengan penuh ketabahan mengantri untuk mengambil kesempatan melintasi tali yang membentang menuju batang pinang yang letaknya ditengah sungai. Tidak tertahankan tawapun meledak saat peserta jatuh kesungai sebelum mencapai batang pinang yang sudah diisi amplop dengan jumlah uang puluhan ribu rupiah.

Itulah pemandangan yang bisa dilihat saat pertandingan dalam rangka menyambut HUT RI yang ke 65 jatuh pada hari selasa bulan agustus tahun 2010 ini. ” karena peringatan HUT RI dalam bulan puasa, maka pertandingan untuk menyambut HUT RI terpaksa kita percepat,” Kata Yusnidar penghulu Bagan Jawa yang bertindak sebagai sponsor pada pertandingan tersebut. Selain itu pada hari itu juga diadakan perlombaan pacu goni yang diikuti peserta dari anak anak.

Yusnidar mengatakan bahwa ia menyambut baik kegiatan ini dan memberikan penghargaan yang luar biasa kepada masyarakat kepenghuluan Bagan Jawa yang telah berpartisipasi dalam memeriahkan HUT RI yang ke-65 dengan mengikuti berbagai kegiatan pertandingan. "dengan melalui berbagai pertandingan olahraga dan permainan rakyat untuk memeriahkan HUT RI yang ke-65 berarti masyarakat Kabupaten Rokan Hilir khususnya kepenghuluan Bagan Jawa sangat mencintai negara kesatuan Republik Indonesia,"ujar Yusnidar.
Dengan memeriahkan HUT RI ke-65, ungkap Penghulu Bagan Jawa juga untuk mengenang kembali sejarah perjuangan Bangsa Indonesia yang diperjuangkan oleh para pendiri kemerdekaan 65 tahun yang lalu sekaligus sebagai upaya menumbuh kembangkan dan melestarikan jiwa dan semangat kebangsaan kepada generasi penerus guna melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan kesuma bangsa melalui kegiatan pertandingan."Disamping itu dengan kegiatan pertandingan olahraga dan permainan rakyat dalam rangkaian memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-65 ini, akan tumbuh suatu semangat yang dimaknai oleh Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 yang pada gilirannya akan menjadi suatu energi dalam upaya kita untuk terus melaksanakan pembangunan di Kabupaten Rokan Hilir,"jelasnya.
Yusnidar selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan tujuan memeriahkan HUT RI ke-65 dengan kegiatan pertandingan untuk meningkatkan peran masyarakat dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. "adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam memeriahkan HUT RI ke-65 dengan beberapa pertandingan cabang olahraga dan permainan rakyat,"terangnya ( aam )

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi