Senin, 30 Agustus 2010

DINAS PERIKANAN GELAR SOSIALISASI BUDIDAYA IKAN


"Penerapan Program PNPM Mandiri KP"

Rimba Melintang ( Rokan Hilir )


Sesuai dengan keputusan menteri kelautan dan perikanan Republik Indonesia Nomor KEP.39/MEN/2010 tentang pedoman pelaksanaan program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri kelautan dan perikanan maka sejalan dengan itu mulai tahun 2009 kementerian kelautan dan perikanan (KKP) menginisiasi program pemberdayaan yang merupakan integrasi pemberdayaan pada masing masing eselon satu dalam wadah program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri kelautan dan perikanan ( PNPM Mandiri-KP).


Untuk Dinas Perikanan dan kelautan, program PNPM Mandiri dilaksanakan didahului dengan acara sosialisasi program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri kelautan dan kelautan ( PNPM Mndiri ) tahun anggaran 2010 yang diadakan di kecamatan Rimba Melintang. hal itu dilakukan karena diharapkan program tersebut bisa terlaksana dengan tepat guna sebelum dikucurkan dana PNPM tersebut.


Menurut Trijon yang menjabat sebagai Pembina PNPM Mandiri - KP bahwa diharapkan program ini dapat mendukung program pengentasan kemiskinan yang sedang digalakkan pemerintah utamanya bagi masyarakat kelautan dan perikanan. sesuai dengan visi pembangunan kelautan dan perikanan yakni " Indonesia penghasil produk kelautan dan perikanan terbesar 2015" dengan cara membuat kawasan andalan yang berbasis usaha dibidang kelautan dan perikanan.


pada acara sosialisasi yang dihadiri oleh kepala Dinas perikanan, Drs Rujito, Camat Rimba Melintang, A.Hamid SE beserta staf seluruh Dinas Perikanan dilaksanakan pada hari kamis (19/8) bertempat dikantor camat rimba melintang yang juga dikuti kelompok usaha perikanan masyarakat yang terdiri dari tiga desa dikecamatan Rimba Melintang. A. Hamid SE, mengatakan bahwa dengan ditunjuknya Rimba melintang sebagai kawasan satu satunya di Rokan Hilir untuk percontohan budi daya ikan merupakan salah satu sasaran yang sangat tepat mengingat minimnya pengetahuan masyarakat tentang budidaya ikan tetapi mempunyai animo untuk berusaha dibidang perikanan. " ada sejumlah ikan yang bisa dibudidayakan di Rimba Melintang seperti Ikan Patin, lele, Gurami dan ikan mas," tutur A.Hamid menerangkan.


”Bantuan akan diberikan kepada kelompok perikanan dalam bentuk dana segar," kata Rujito kepada SUPERSI seusai menyampaikan pidato dihadapan masyarakat kelompok usaha. menurut Rujito peran Dinas perikanan hanya sebagai pembina sedangkan pertanggungjawaban keuangan atas penggunaan dana PNPM merupakan tangungjawab kelompok yang telah diberi bantuan. diharapkan dengan bantuan PNPM KP ini, output yang diperoleh dimasyarakat bisa meningkatkan pendapatan kelompok masyarakat, terwujudnya lapangan kerja baru, berkembangnya skala usaha kelompok masyarakat dan meningkatnya produksi.


Menurut Trijon, Dari hasil survey yang dilakukan diRokan Hilir bahwa tingkat konsumsi makan ikan untuk satu orang adalah sebanyak 17 Kg perorang perkapita pertahun. untuk ditahun 2010 propinsi menargetkan Rokan Hilir untuk mengkonsumsi 33 kg/ orang perkapita pertahun. acara sosialisasi diakhiri dengan berbuka bersama antara peserta dengan staf Dinas Perikanan.(aam)

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi