Rabu, 03 Maret 2010

PROGRAM DINAS KESEHATAN BANYAK DIPANGKAS


Rokan Hilir (Riau)

Program rutin dinas kesehatan untuk 2010 menyangkut masalah imunisasi, jamkesmas ( Jaminan Kesehatan Masyarakat ) , dan pelayanan masyarakat miskin mengalami pengurangan. Padahal kedepan rencana ditahun 2010 Dinas kesehatan akan mencoba memperbaharui peralatan medis yang dirasakan mendesak untuk kepentingan masyarakat khususnya Puskesmas yang ada dipedesaan.

"khusus untuk puskesmas non peralatan medis direncanakan tahun ini pasien langsung dirawat disana,"ujar Kadis Kesehatan dr Junneidi pada hari rabu (24/2) dimeja kerjanya.

Adanya laporan dari masyarakat bahwa masih ada Pustu merawat pasien dengan beralaskan tikar langsung ditanggapi serius oleh Junaidi. Ia baru saja mendengarnya karena ada yang melapor. Ia mengeluh karena menurutnya dari desakan Pemerintah Pusat berdasarkan UU No 36 thn 2009 ttg anggaran kesehatan minimal harus 10% dari APBD namun untuk tahun ini belum bisa terealisasi karena diakibatkan terjadinya defisit anggaran APBD Rohil untuk tahun 2010

Selain program yang menyangkut masalah pelayanan kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan juga melakukan pembenahan skill dengan membuat diklat pegawai serta penguasaan peralatan medis yang anggarannya masuk dalam belanja rutin untuk tahun anggaran 2010.

Harapan Dinas Kesehatan untuk memberikan obat paten bagi masyarakat juga belum bisa terealisasi untuk tahun ini dan buat sementara masih menggunakan obat generik. Saat disinggung masalah program imunisasi posyandu yang akhir akhir ini tensinya berkurang dr Junneidi berkomentar bahwa sebenarnya Posyandu merupakan milik masyarakat dan bukannya milik Dinas kesehatan

Pengadaan susu, roti untuk para balita kurang mampu yang pernah dibantu tahun lalu namun untuk tahun ini belum bisa terpenuhi juga menyangkut masalah minimnya anggaran Dinas Kesehatan. ”usulan untuk biskuit, susu bayi gratis juga dipangkas oleh Bappeda,” ujar Dr Junneidi. ” kemungkinan skala prioritas dibuat oleh Badan Perencanaan Daerah tidak sinkron dengan rencana Dinas Kesehatan, padahal gizi anak sangat diperlukan mengingat tingkat pertumbuhan otak anak balita ditentukan dari asupan gizi yang mencukupi dari umur 0 s/d 2 tahun,” ujar dr Junneidi mengeluh. (aam)

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi