Rabu, 03 Maret 2010

PEMATANG SIKEK JADI KAMPUNG PERCONTOHAN

Rokan Hilir (Riau)

"Setiap penghulu harus mempunyai pondasi untuk menjamin kebutuhan hidupnya," ujar H. Hatta Ismail (62) yang menjabat sebagai penghulu Pematang Sikek yang sekarang mempunyai usaha toko bangunan dan toko pakaian. "seharusnya penghulu jangan hanya tahu menjual lahan masyarakat saja," tambah hatta.

Hal itu disampaikan ketika bertemu penghulu Pematang Sikek H. Hatta Ismail dirumah kediamannya pada hari minggu(13/2) yang merangkap jadi kantor. Tenaga yang bertugas di kantor kepenghuluan Pematang Sikek rata rata merupakan tamatan sarjana. "Kadang saya menasehati mereka mengingat tamatan sarjana jarang mengenal praktek dan pergaulan dimasyarakat," kenang Hatta yang sudah dianggap masyarakat sebagai seorang penasehat dikampung tersebut.

Sebelum menjadi penghulu ia menjabat sebagai ketua RT selama 15 tahun dan kala itu daerah ini masih merupakan hutan belukar.Kampung ini dahulunya pernah menjadi tempat pertempuran antara cina dengan melayu dan PRRI. sebagai anak ke 9 dari saudara kandung yang berjumlah 10 orang ia dikenal orang sebagai sosok yang tidak kenal lelah.

Kampung Pematang Sikek mulai dibuka arealnya untuk lahan menanam padi sejak tahun 1989. semula pemilik tanah adalah orang penduduk asli. rata rata mereka menjualnya kepada perantauan dari jawa tengah. kemudian tanah tersebut disulap menjadi areal persawahan yang indah sejauh mata memandang.

kampung ini juga pernah dilakukan panen raya yang dihadiri Bupati serta Pemda Rohil. kampung pematang sikek pernah mendapat penghargaan yang diberikan oleh presiden SBY sebagai kampung percontohan ketahanan pangan. lahan yang ditanam padi oleh kelompok tani aman seluas 450 ha.

H. Hatta juga pernah mendapat penghargaan dari Dinas pertanian karena menemukan cara merobah bibit lokal menjadi bibit unggul dengan umur lebih panjang 7 bulan. jumlah penduduk kampung pematang sikek berjumlah 2064 jiwa dan hampir 90% bermata pencaharian sebagai petani. rata rata tiap Kepala keluarga minimal mempunyai 2 ha kebun sawit dan juga ladang padi

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi