Rabu, 03 Maret 2010

CAP GO MEH DIMERIAHKAN PAWAI MINIATUR


Rokan Hilir ( Riau )

Perayaan Cap Go Meh di Bagansiapiapi mempunyai daya pikat tersendiri bagi masyarakat ethnish tionghoa yang ingin merayakannya. karena kepercayaan tentang peruntungan shio masih kental bagi masyarakat ethnis tiong hoa bagi yang memiliki dunia usaha.

Disaat hari sin cia itu sendiri, peringatan diisi dengan kegiatan mengunjungi sanak keluarga yang dituakan serta keluarga dan kerabat untuk saling memberi hormat disertai acara pemberian angpau. akhir dari semua rangkaian sin cia ini ditutup dengan upacara cap go meh yang jatuh pada hari ke 15 bulan 1 imlek.

Cap goh me yang jatuh pada hari minggu (29/2) mewakilinya adalah shio macan. pengaruh lima elemen (wu xing)yang menyertai tahun macan 2561/2010 kali ini adalah elemen logam positif disektor langit (tian gan/thian kan),kayu positif disektor bumi(di zi/ti ce). perpaduan dari kedua unsur langit dan bumi tersebut menghasilkan satu unsur perubahan yakni unsur kayu. Berarti Tahun Imlek 2561/2010 ini berada dibawah pengaruh kekuasaan sang macan kayu.

Tahun ini seperti tahun sebelumnya perayaan cap go meh dirayakan cukup meriah di Bagansiapapi. tingkat hunian hotel meningkat sehari sebelum perayaan. pada waktu sorenya para ethnis tiong hoa melakukan ritual sembahyang dengan membakar kertas sembahyang. malamnya ratusan balon gas terbang diangkasa yang dilepas oleh puluhan orang etnish tiong hoa didepan kelenteng tertua di Kota Bagansiapapi.

Lampion yang dilepaskan keudara adalah semacam bentuk harapan dan permintaan rezeki yang lebih baik untuk tahun ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan pawai cap go meh yang diikuti dari beberapa suku dan marga dengan utusan 2 sampai 3 orang. dari 23 peserta yang dipertandingkan 7 minitur diantaranya diikuti oleh kelenteng Lo Cia Hong, Pak Khit Tua, Marga sad eka, ho tong king, RT 20 kel bagan barat, Po siu san, Kwan te tuah dan marga ong, acara ini juga turut dimeriahkan oleh kelompok marching Band yayasan perguruan wahidin, perguruan methodist dan Yayasan bintang laut. Tidak lupa pula sebagai tuan rumah, Awi aliong memfasilitasi tamu tamu yang datang dari singapura, Malaysia, Thailand dan Taiwan yang juga turut hadir dalam perayaan tersebut.

Menurut ketua panitia acara Jonathan atau yang bisa akrab dipanggil Si He bahwa pertandingan pawai miniatur ini akan mendapat hadiah langsung dari Bupati Rohil. Adapun tropi diberikan untuk kategori perlombaan miniatur bagi juara pertama akan diberikan piala plus bonus uang Rp 10 juta. Pesta Kembang Api semalam suntuk menandakan bahwa kaum ethnis tionghoa tidak tidur sampai menjelang pagi karena malam tersebut digunakan untuk mencari jodoh. (aam)

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi