Jumat, 12 Februari 2010

TRUK PT JATIM JAYA PERKASA MERUSAK JALAN


Kubu Riau Pesisir


Anggota legislatif Rokan Hilir ( Rohil ) dari Partai Golkar, Darwis syam mengungkapkan, sebagian jalan didaerah Kecamatan Kubu rusak diakibatkan lalulalang truk sawit yang melebihi tonase. Kerusakan jalan tersebut terjadi antara lain diruas jalur tengah Jalan Poros Kubu.

Atas kejadian tersebut, Bupati Rokan Hilir, Annas Maamun melalui kadis Perhubungan, Muchtar Lutfi, mengatakan PT Jatim Jaya Perkasa telah didesak oleh Pemkab Rohil untuk mengganti kerugian atas kerusakan jalan itu senilai 43 M dan saat ini belum ditentukan kapan akan direalisasikan proyek tersebut.

Menurutnya, mengenai kerusakan jalan tersebut pihaknya telah berkordinasi dengan Kapolres untuk menertibkan mobil truk yang tidak sesuai dengan kondisi jalan diRokan Hilir terutama yang melebihi tonase.

Pantauan dilapangan menyebutkan, kerusakan yang paling parah terjadi sepanjang 5 Km sebelum wilayah Kubu, jika arah simpang poros, diruas tersebut banyak dibukan usaha untuk manuver kendaraan berat mengangkut buah sawit. "Truk truk milik perusahaan tersebut begitu mengangkut buah sawit langsung turun kejalan semua, sementara drainase disisi jalan nggak ada. kondisi ini berakibat kerusakan parah, ketika air mengalir langsung kejalan," ujar salah satu warga di Kubu, belum lama ini.


Diruas jalan poros Kubu setiap harinya memang mudah dijumpai truk truk pengangkut buah sawit, milik perusahaan Jatim Jaya Perkasa, yakni salah satu perusahaan pabrik kelapa sawit. menurut warga, truk tersebut tidak pernah diketahui berat muatannya, karena diruas tersebut tidak ada jembatan timbang sama sekali.

Sementara kepala dinas perhubungan, Mukhtar Lutfi mengakui, tidak adanya jembatan timbang membuat mobil truk pengangkut hasil kebun sawit dengan muatan berlebih leluasa merusak jalan. Selain itu menurut Lutfi banyak truk dengan nomor polisi berasa dari luar propinsi Riau beroperasi diRokan Hilir . Padahal truk truk tersebut memiliki ketentuan muatan yang jauh diperbolehkan diRiau. "Banyak sekali truk dengan nomor Polisi Sumut yang bersumbu tiga dengan muatan 10 Ton beroperasi di Rokan Hilir. Padahal ketentuan di Sumut hanya boleh mengangkut muatan maksimal 8 Ton kata Lutfi.

Selain kerusakan akibat truk sawit dengan muatan melebihi ketentuan, kerusakan jalan wilayah Kubu juga diakibatkan mencuci mobil yang tidak memperhatikan drainase. Air dari pencucian mobil langsung dibuang kejalan, sementara jalur tersebut dilewati truk truk dengan muatan besar. "Jelas kondisi jalan rusak parah. kami terus terang tak bisa berbuat apa apa karena memang wewenang pemerintah daerah,"katanya. ( Amrial )

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi