Jumat, 27 Agustus 2010

PEMERINTAH PUSAT AKAN SEGERA LUNCURKAN DANA PNPM MANDIRI


Bagansiapiapi ( Rohil )
Untuk meningkatkan efektivitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja, pemerintah meluncurkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri mulai tahun 2007. Melalui PNPM Mandiri dirumuskan kembali mekanisme upaya penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi. Melalui proses pembangunan partisipatif, kesadaran kritis dan kemandirian masyarakat, terutama masyarakat miskin, dapat dapat ditumbuhkembangkan sehingga mereka bukan sebagai obyek melainkan sebagai subyek upaya penanggulangan kemiskinan.
Hal itu menjadi pembicaraan pada pertemuan membahas tantang penyaluran dana PNPM untuk Kabupaten/kota yang juga diikuti Kab Rokan Hilir melalui Dinas Cipta Karya di Jakarta beberapa hari lalu. Menurut Ir Amiruddin MM, bahwa penyaluran dana PNPM yang melalui Dinas Cipta Karya khusus untuk pembangunan infrastruktur seperti Jembatan, Jalan, Sumur Bor, dan bangunan fisik lainnya. ”Pemerintah pusat akan memberikan dana PNPM sebesar 250 juta perdesa untuk pembangunan jalan dan jembatan yang sifatnya sesuai dengan usulan dan kebutuhan masyarakat tempatan,” tutur Amiruddin yang merupakan Kepala Dinas Cipta Karya kepada Riau Sidik pada beberapa hari lalu diruang kerjanya.
Pelaksanaan PNPM Mandiri untuk tahun 2010 dimulai dengan pembangunan fisik dengan menyalurkan dananya kepada OMS yang telah dibentuk desa tersebut melalui musyawarah pedesaan. ” nanti OMS akan membuka rekening bank agar penyaluran dana bisa dipertanggung jawabkan penggunaannya,” kata Amiruddin.
menurutnya, PNPM Mandiri diperkuat dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh berbagai departemen/sektor dan pemerintah daerah. Pelaksanaan PNPM Mandiri tahun 2010 juga akan diprioritaskan pada desa-desa tertinggal. Menurutnya, kriteria penilaian desa yang akan diberikan bantuan dana PNPM bergantung pada hasil survey konsultan yang turun dilapangan. ”ada 29 desa di Rokan Hilir yang telah diberi bantuan dana PNPM Mandiri dan semuanya telah berhasil dalam melaksanakan proram tersebut,” kata Amiruddin sambil memperlihatkan foto foto pembangunan fisik yang berasal dari dana PNPM. Fungsi Dinas Cipta Karya adalah sebagai pembina kepada masyarakat agar dana yang disalurkan sesuai dengan program yang diharapkan. Menurutnya lagi Untuk tingkat propinsi pembinaan dinamakan dengan PPAYU ( Provinsi project impelementasi ) sedangkan untuk tingkat kabupaten dinamakan DPAYU ( Distrik Projek Bumi ayu ) ( Aam )

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi