Jumat, 18 Desember 2009

PAWAI TAKBIR IDUL ADHA


” Terganggu Oknum Melintasi Depan Tamu Kehormatan”

Bagansiapiapi SIDIK
Allahu Akbar...Allahu Akbar....Allahu Akbar, La Ilahaillallahu Akbar, gema takbir berkumandang diseluruh penjuru kota Bagansiapiapi dan seantero umat Islam didunia. Pelaksanaan takbiran dalam menyambut Hari Raya Idul Adha kali kali ini sepenuhnya dikoordinir oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

Acara pelepasan takbir ini membuat beberapa jalan terpaksa ditutup. Sebelum acara pelepasan di sambut dengan pidato Pembukaan oleh panitia Kegiatan Pawai Takbir, Jasrianto dan dilanjutkan dengan Pidato sambutan Bupati Rokan Hilir H. Annas Maamun yang didamping oleh KUA Kab Rokan Hilir H. Syaikolan dan Kalifah Nasir. Dalam sambutannya Bupati berpesan diharapkan acara Pawai ini berlangsung tertib dan seluruh peserta diharapkan selalu mengumdangkan takbir sepanjang jalan sampai ditempat tujuan.

Kemudian acara dilanjutkan secara simbolis dengan pemukulan bedug oleh Ketua DPRD Rokan Hilir, Nasruddin Hasan dan Wakil Bupati H Suyatno AMP beserta jajaran Upika. Masyarakat tumpah ruah di halaman kantor bupati untuk menyaksikan secara langsung pelepasan pawai takbir pada hari Kamis (26/11) yang diikuti peserta yang terdiri dari miniatur dan non miniatur dimana mewakili tiap tiap mesjid dan mushalla serta tidak ketinggalan pula sekitar 100 orang abang becak yang ditumpangi oleh pegawai Pemerintah Kabupaten Rokan Hiilir dan ikut juga beberapa instansi untuk memeriahkan semarak pawai takbir Idul Adha 1430 H 2009 M.

Pada acara ini disaksikan juga oleh Wakapolres, Asisten Bupati, Ketua KPU, Anggota DPRD, kepala Dinas dan seluruh Jajaran Polres Kab Rokan HIlir yang diiringi musyik nasyid band tempatan. . Menurut keterangan dari Kapolsek Bangko, AKP Jose Fernandez, aparat kepolisian yang turun mengamankan acara pawai tersebut, berjumlah sebanyak 120 orang personil polisi yang menjaga di persimpangan jalan yang dilewati oleh peserta pawai takbir. Pengamanan juga dibantu dengan Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

Pemuda Tak Dikenal
Pada acara pawai takbir sedikit terjadi gangguan karena ulah seorang pemuda yang berumur sekitar 20 tahun mengendarai motor bebek yang berkisar jarak dua meter melintasi didepan tamu kehormatan yang sedang asyik menikmati peserta takbir yang lewat. Tidak ayal lagi dengan serta merta ketua Panitia Takbir, Surya Arpan mengejar pemuda tersebut dan langsung meminta bantuan polisi untuk mengamankannya. Namun setelah didekati dari mulut pemuda tersebut tercium bau minuman keras dan dengan sigap aparat kepolisian membawa pemuda tersebut ke Polsek terdekat untuk dimintai keterangan.


Untuk pelaksanaan shalat Idul Adha dipagi hari dipusatkan dibeberapa tempat yaitu di Lapangan Perteba, Mesjid Agung, Mesjid Al Ikhsan, Mesjid Di Bagan Punak dan Mesjid Ar Ridho. Yang bertindak selaku khatib ada yang diundang dari luar kota Bagansiapiapi. Karena bertepatan hari jumat maka pelaksanaan kurban dilaksanakan pada hari sabtu pagi. ( Amrial )

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi