Sabtu, 10 Agustus 2013



19 WARGA ASING DITANGKAP POLRES ROKAN HILIR

BAGANSIAPIAPI – 4 warga India dan Bangladesh dari 19 orang yang ditangkap aparat Polres Rokan Hilir, pada jumat siang, (12/7), diintrogasi oleh pihak Imigrasi Kelas II, Bagansiapiapi. Ke 19 warga itu, ditangkap pihak Polres Rohil dan hingga kini,  pihak Imigrasi melakukan pendataan guna mengambil keterangan seputar kedatangan mereka ke Indonesia. 

Diruang introgasi kantor Imigrasi, salah satu warga India sempat syok dan menangis karena dari pengakuannya, kedatangan dirinya untuk melihat istrinya yang lagi berada di Jakarta. “ Saya sekarang kehabisan uang dan tidak tahu mau berbuat apa lagi,” katanya dalam bahasa Inggris aksen India. Dia mengaku, sejak berpisah dengan istrinya, dia kehilangan kontak dan kedatangannya ke Indonesia untuk mencarinya.

Dari pantauan , selain keempat warga itu, juga ditahan  warga asal negara Somalia, Afghanistan, India, Sri Lanka, Myanmar dan Bangladesh. Mereka sedang duduk dan berbaring diruang rudenim kantor Imigrasi. Diantara mereka, terdapat seorang wanita berpakaian sari sedang tertidur pulas. yang lainnya, ada duduk sambil menunduk seakan akan tidak menyangka mereka tertangkap siang itu. Salah seorang warga Bangladesh, Muhammad Rubbel yang kelahiran Puridgong mengungkapkan, tujuan mereka adalah datang ke tanah Indonesia dan bukannya ke Australia. Dia menyebutkan, keramah tamahan masyarakat dan system pemerintahan yang baik mengundang minat mereka untuk hijrah ke Indonesia. “ Tidak seperti negara kami. Tidak ada jaminan bagi kami untuk tinggal lama dinegara kami sendiri,” kata Rubbel dengan bahasa inggris yang lancar. Rubbel yang merupakan  muslim yang juga sedang melaksanakan ibadah puasa itu meminta kepada aparat pemerintah Indonesia untuk memberikan jaminan keselamatan kepada mereka selama mereka dalam tahanan kantor imigrasi kelas II, Bagansiapiapi. 

Sementara itu, kepala kantor Imigrasi kelas II, Bagansiapiapi, Subari SH MH, menjelaskan, usai diperiksa, ke 19 warga itu akan diserahkan ke Rudenim Pekanbaru. “ tugas kita hanya melakukan pemeriksaan atas identitas mereka dan nantinya akan kita serahkan kepada pihak Imigrasi di pekanbaru,” tuturnya. Dikatakan Subari, mereka akan diproses tentang asal muasal serta kelengkapan identitas mereka seperti paspor. Selama proses, pihak Imigrasi juga menunggu kedatangan IOM ( International Organization For Migration )  untuk menjemput mereka.

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi