Sabtu, 10 Agustus 2013



BHR LAKUKAN PENINJAUAN HILAL PINGGIRAN SUNGAI ROKAN

BAGANSIAPIAPI – Badan Hisab dan Rukhiyat ( BHR ) Kementrian Agama kabupaten Rokan Hilir akan melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan untuk menetapkan awal ramadhan 1434 Hijriah di kawasan KM 6 di café Ujang Leno Bagansiapiapi.

“Rukyatul hilal yang dilaksanakan pada hari senin 8 Juli menjelang matahari terbenam dikawasan batu enam pinggiran sungai rokan sebagai acuan dalam menetapkan jatuhnya 1 ramadhan 1434 Hijriah,” Kata Marzuki
yang merupakan dosen UIN Fakultas Syariah didampingi dengan Yusran dari Fakultas Islam, Darwis Fakultas Syariah dan Tim BOSCHA labor Bandung.

Dikatakannya, Bagansiapiapi merupakan salah satu dari 22 wilayah seluruh Indonesia yang menjadi tempat peninjauan hilal dari kementrian agama. Rukhyatul Hilal akan dilakukan sekitar pukul 18.30 WIB disaat matahari sedang terbenam dengan menggunakan alat teropong yang disebut celestron dibantu dengan software untuk mencari posisi hilal dalam menentuakn posisi bulan.

Setelah melakukan rukiyat hilal, BHR akan lansung melaporkan hasil pengamatannya ke Jakarta untuk kemudian menjadi salah satu masukan dalam sidang isbath penetapan awal ramadhan. Ia mengatakan, jika cuaca mendung atau hujan, sehingga bulan tidak tidak terlihat berarti syakban ditetapkan menjadi 30 hari dimana awal ramadhan akat ditetapkan menjadi tanggal 10 juli. Dalam menetapkan ramadhan, pemerintah juga akan melakukan sidang isbath yang digelar kementrian agama. Kementrian agama wilayah Rokan Hilir menghimbau masyarakat untuk menunggu keputusan pemerintah dalam melaksanaan awal ramadhan yang akan diumumkan senin malam.

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi