Jumat, 09 April 2010

PENGAWASAN DILAUT PERLU KOORDINASI


Rokan Hilir ( Riau )

Pengawasan laut merupakan tolok ukur keberhasilan kredibilitas dan kinerja untuk dinas perikanan yang selama ini mendapat perhatian khusus dari Bupati Rokan Hilir. Mengingat selama ini banyak nya nelayan yang masuk diperairan Rohil yang tidak bisa terpantau karena luasnya perairan Rokan Hilir sampai kesemenanjung Malaysia seperti di Pulau Jemur.

Hal itu diakui Surya Alam yang menjabat sekretraris Dinas Perikanan. Menurutnya Dinas Perikanan hanya mempunyai kapasitas untuk mengawas bukannya menangkap nelayan asing yang masuk diperairan Rohil maupun nelayan yang menggunakan trawl. Saat ini yang berwewenang untuk menangkap adalah Airud dan Angkatan Laut kecuali tertangkap tangan.

Seandainya kita melakukan razia gabungan sudah tentu mengeluarkan biaya yang cukup besar. Karena anggaran dari Airud dan Angkatan laut untuk mengadakan razia gabungan tidak ada dan sudah tentu nanti dibebankan ke Dinas Perikanan dan karena Rohil mengalami defisit anggaran maka untuk saat ini kita harus bekerja sendiri. Saat ini jika dilihat tensi Dinas perikanan untuk melakukan pengawasan dilaut terjadi pengurangan yang cukup signifikan. Hal itu langsung dijawab oleh Surya Alam. ”Kalau razia seharusnya tidak satu hari dengan pergi pagi pulang sore, tapi harus bermalam dilaut kalau perlu dua atau tiga hari bermalam dipulau Jemur,” ujar Surya Alam menimpali tentang kinerja Dinas Perikanan yang akhir akhir melorot.

Memang diakui pada masa yang lalu sewaktu Kadis Perikanan Amrizal Amp masih menjabat, Dinas Perikanan rutin melakukan razia dengan melibatkan Airud dan Angkatan Laut dan sering membuahkan hasil. Hasil tangkapan berupa Pukat harimau dan nelayan asing yang menangkap ikan tanpa dokumen resmi langsung ditahan untuk diproses sehingga waktu itu prestasi Dinas Perikanan sempat mencuat naik sehingga mengurangi degradasi penjarahan ikan diperairan Rohil. Hal itu bisa terlaksana karena anggaran Dinas Perikanan waktu itu mencapai 25% hanya untuk kepentingan pengawasan dilaut.

”Saat ini kami telah membuat program Dinas Perikanan kedepan dengan berbagai langkah yang akan mempersempit ruang gerak para penjarah ikan dari Nelayan asing luar negeri maupun nelayan dari luar Rohil,” Kata Surya dengan antusias tanpa menjelaskan secara rinci programnya tsb. Dalam programnya teragenda secara rapi tentang tekhnik pengawasan, kapasitas Kapal Pengawas dan personil yang terjun dengan tingkat SDM yang memadai. ”semua itu perlu waktu dan akan kita lihat saja nanti untuk tahun 2010 ini,” kata Surya Alam yang dikenal orang sebagai mantan pemain Volley. ( Aam )

Tidak ada komentar:

It's me

It's me

Jemur Island

Jemur Island

Menikmati Keagungan Tuhan

Menikmati Keagungan Tuhan

Lomba Tradisional Sampan Lopap

Lomba Tradisional Sampan Lopap
pacu sampan lopap

Potret

Potret
Masyarakat Bagan
Negeri Seribu Kubah

Gallery

Hai Sobat! Selamat Datang Di Jalan Perwira Bagansiapiapi