Selasa, 24 November 2009

Filled Under:

Acara Bakar Tongkang Diwarnai Lomba Sampan Kotak


Tahun ini Kita Akan Mengundang Gurbernur Riau dan Menteri Pariwisata



Ritual acara Bakar tongkang setiap tanggal 16 Bulan 5 penanggalan imlek merupakan ulang tahun dewa king ong ya, sehingga acara ini disebut dengan Go Ge Cap Lak. Acara yang sudah masuk Visit Indonesia Year 2009 secara tidak langsung harus dibuat secara meriah karena semua mata menuju ke Kab Rokan Hilir. Event ini merupakan andalan Kab Rokan Hilir dalam mengundang visitor.
”Kita akan membuat suasana baru tahun ini,”Demikian disampaikan Wakil Bupati Rokan Hilir, H.Suyetno A.MP dihadapan peserta lomba di Pulau Halang Kec Kubu Kab Rokan Hilir pada hari selasa (19/5).
”Kita akan buat perbedaan tahun ini dari tahun kemarin,” katanya . ”Tapi tanpa dukungan dan sokongan dari berbagai pihak mustahil hal ini bisa terwujud,”Beliau menambahkan.
Para peserta yang didominasi ethnis warga Tionghoa yang berdomisili di Pulau Halang Belakang dan Pulau Halang Depan diikuti sebanyak 71 Peserta, dimana 60 Kapal dari Pulau Halang Belakang dan 10 Kapal dari Pulau Halang Depan.
Kapal peserta harus dicat warna warni, dilengkapi dengan suara musik dan pakaian khas Tiong hoa. Pada saat itu peserta menunjukkan salah satu contoh baju khas Tionghoa yang dibawa dari Shang Hai, China. ”Seandainya Bapak Wakil Bupati berkenan nanti gua pesan lagi baju untuk acara nanti,”ujar Ah Chin salah satu peserta lomba.
Ketua Panitia Acara Lomba Sampan Kotak, Banjir, yang menjabat Camat Kubu, mengaku berusaha mempersiapkan acara ini sematang mungkin, ia mengharapkan semua permasalahan dan keluhan dilapangan supaya cepat diberitahu kepadanya agar tidak ada kendala dalam proses pelaksanaan pada hari ”H” nanti. Salah satunya adalah masalah pasang surut air sudah ia antisipasi dengan merubah jadwal di pagi hari yakni dimulai jam 09.00, dimana air sedang pasang. Masalah tekhnis dalam penyambutan tamu dan keamanan diserahkan kepada panitia seksi bidang keamanan yang ditangani oleh Kapolres.
Ditempat terpisah rapat susulan untuk mematangkan rencana pelaksanaan Acara Bakar Tongkang dan Pacu Sampan Kotak dilaksanakan di Ruang Lobby Kantor Bupati lantai empat pada Jumat (22/5). Hadir pada acara tersebut semua elemen aparat Pemerintah Kab Rokan Hilir, Kapolres Rokan Hilir, Syahbandar, Dinas Perhubungan, Kodim, Bea dan Cukai serta Imigrasi dan tidak lupa pula semua tokoh masyarakat etnish Tiong Hoa dalam melakukan hearing untuk pelaksanaan nanti.
Acara tambahan yang diusulkan oleh tokoh masyarakat yakni Acara main Loya disore hari pada tanggal 8 Juni yang diarak-arak keliling kota, dan malamnya akan dilaksanakan pesta lampu lampion layaknya seperti malam cap goh me. Tidak lupa pula acara tersebut dimeriahkan artis dari Taiwan dan Malaysia,
”Apakah kita harus mengundang Pawang Buaya?” demikian pertanyaan yang disodorkan Banjir selaku Ketua Panitia, ”Kita sudah mengetahui bahwa Pulau Pedamaran adalah sarangnya buaya”sahut beliau. Secara spontan Wakil Bupati menjawab bahwa kita harus menurunkan pawang buaya, ”kita tidak bisa menutup mata mengantisipasi segala kemungkinan yang bakal terjadi.” ”Selain itu kita juga harus menurunkan penjaga di Sungai seperti Airud dan Petugas yang berwenang” ujar Wakil Bupati.
Wakil Bupati memprediksi bakal akan terjadi lonjakan arus tamu yang datang ke Bagansiapiapi khususnya dari luar negeri. Tamu yang datang melalui jalur udara melalui Dumai akan berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Dumai sekaligus membuat Baliho untuk mempromosikan akan ada acara Bakar Tongkang di Bagansiapiapi.
Untuk jalur laut berkemungkinan dari pelabuhan laut Bagansiapiapi-Port Dickson. Untuk itu beliau mengharapkan kepada petugas kebersihan melalui Dinas Pasar untuk membersihkan pelabuhan supaya menghilangkan kesan imej Bagansiapiapi adalah kota yang kotor.
”Untuk membersihkan kota Bagansiapiapi dari sampah pada tanggal 30 Mei kita harus melaksanakan Gotong Royong Massal”Kata Wakil Bupati. ”seluruh masyarakat dan aparat pemerintah untuk terjun langsung membersihkan sampah.”ujannya.
Kita mempunyai rencana akan mengundang Gubernur Riau, H.Rusli Zainal.SE.MM dan Menteri Pariwisata yang sekarang Sekjen Partai Demokrat, Jero Wacik.
Wakil Bupati mengharapkan semoga semua masyarakat mendukung acara ini termasuk memberikan akomodasi kepada tamu yang datang seandainya tingkat hunian di penginapan dan hotel sudah penuh.
Kepada sang juara peserta lomba sampan kotak, panitia akan memberikan hadiah berupa Piala Replika kapal Tongkang yang dikacakan serta bonus dan hadiah lainnya. Pada akhir rapat dengar pendapat Wakil Bupati cuma mengharapkan seluruh elemen peserta yang hadir untuk mempromosikan kepada teman baik dari media massa, cetak atau media elektronik untuk memberitahukan serta mempromosikan mengingat acara ini tinggal menghitung hari.

0 komentar: